5 Cara jualan online untuk pemula, tepat sasaran dan mudah



Menjelang era komputerisasi, dikala ini manusia sangat terbantu dengan internet. Tidak heran bila banyak orang berkeinginan memanfaatkan dunia maya untuk mengembangkan usahanya. Bagi para pemula yang mau terjun kedunia bisnis, kau malahan dapat memulai dengan jualan online. Ada sebagian kelebihan yang akan kamu temukan jika kau memilih untuk berbisnis online.

Pertama, tidak membutuhkan banyak modal. Tentu modal yang kau keluarkan tak akan sebanyak berjualan secara konvensional. Kamu hanya perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil untuk berjualan. Kedua, promosi yang menjangkau masyarakat luas.

Seperti yang telah kita kenal, akses internet sudah membuat setiap menusia saling terhubung satu sama lain. Jadi kau dapat memanfaatkan peluang ini untuk mempromosikan produkmu ke banyak orang. Ketiga, menambah lapangan profesi. Jikalau usahamu semakin berkembang, kamu dapat mulai untuk minta bantuan orang lain dan menawarkan pekerjaan pada mereka. Walhasil, kamu dapat membuka lapangan kerja dan ikut mengurangi jumlah pengangguran.

Dengan beragam kelebihan hal yang demikian, ambisi mu untuk mengawali bisnis mesti menjadi lebih besar. Bagi pemula, jangan takut untuk mencoba. Ada pantasnya untuk mencermati langkah-langkah yang mungkin akan membantumu untuk memulai bisnis jualan online. Berikut 5 cara jualan online untuk pemula.

1. Tentukan produk yang mau dipasarkan


Kamu bisa memilih produk buatan sendiri atau produk buatan orang lain. Kalau kamu memilih menjual produk sendiri, maka kamu perlu memperhatikan bagaimana mempertimbangkan bahan baku dan keuntungannya. Usahakan menghitung rincian biaya yang dibutuhkan untuk membikin produk dan harga jual yang sesuai. Kelemahan dari memilih produk buatan sendiri ini ialah resiko menetapkan kwalitas produk dan membranding brand baru milikmu. Tapi kelebihannya, kamu dapat bebas menetapkan akan seperti apa produkmu nanti dan kamu dapat belajar pengelolaan marketing.

Sedangkan apabila kamu memilih untuk memasarkan produk orang lain, maka posisimu merupakan sebagai dropshipper atau reseller. Kelebihannya, kamu tidak perlu membranding produk dan memilih bahan baku. Kamu juga bisa mencari supplier yang berharap meminjamkan produknya terpenting dahulu, sehingga kau tidak memerlukan modal. Tapi kekurangannya, kamu wajib benar-benar mengetahui supplier yang ideal. Kau juga tidak dapat membatasi stok barang.

Kemudian menurut jenisnya, produk jualan dibedakan menjadi empat, adalah sebagai berikut:

-Produk yang sedang jadi tren


Jikalau memilih produk yang jadi tren, kamu harus selalu update dan pesat memanfaatkan peluang. Memasarkan barang yang sedang popularitas akan membuatmu lebih mudah menerima pasar, terpenting dikalangan anak muda. Tapi kau tak boleh bertahan dengan atu produk, kamu patut kerap mengganti produkmu menyesuaikan tren.

-Produk musiman


Disebut produk musiman sebab produk ini memang menyesuaikan musim tertentu. Semisal, ketika hujan, kamu memasarkan kelengkapan jas hujan, payung, penghangat ruangan dan sebagainya. Lalu contohnya sedang dekat dengan lebaran, kau bisa memasarkan roti kering, kelengkapan mudik, dan lain sebagainya.

-Produk kebutuhan sehari-hari


Produk kebutuhan sehari-hari ini memang banyak macamnya. Tetapi sebab produk-produk itu banyak diperlukan, kans mu untuk menerima pembelipun semakin besar

-Produk pensupport hobi.
Seperti namanya, produk ini memang berfungsi untuk menyokong hobi seseorang. Contohnya berjualan alat-alat olahraga atau memasarkan action figure untuk koleksi.

2. Bidik pasar yang tepat


Sesudah menentukan produk yang berkeinginan kau jual, berikutnya yaitu mempertimbangkan pasar. Sebab menggunakan metode online, karenanya kau bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Melainkan bidik lah pasar yang ideal cocok dengan produkmu. Dengan demikian kau bisa menarik konsumen untuk membeli. Kecuali itu, dengan menentukan pasar yang pas, kau pun dapat mempertimbangkan konten dan teladan promosi apa yang cocok untuk calon pelangganmu.

3. Buat lapak atau kios online


Untuk mendirikan warung onlinemu sendiri, kau dapat memilih untuk membikin website pribadi atau menggunakan media sosial milikmu. Tetapi, kamu juga bisa masuk dan mendaftar diberbagai aplikasi yang menawarkan e-commerce. Sudah banyak aplikasi e-commerce yang dapat kamu gunakan. Pengelolaannya pun cukup mudah dan efisien.

4. Promosikan produkmu lewat media sosial


Berikutnya, kau dapat mempromosikan produkmu di media sosial. Kau bisa mulai dengan menshare ke teman-sahabat dekat dan kerabatmu. Lalu kamu dapat mulai mencari komunitas-komunitas online yang antusias dengan tipe produk yang kamu jual.

5. Carilah kekerabatan yang berada di bidang yang sama


Agar bisnismu makin berkembang, cobalah mencari relasi yang berada di bidang yang sama. Dengan demikian kau bisa saling berkonsultasi persoalan bisnis. Kamu juga bisa saling membantu atau menjadikannya mentor. Untuk memilih mentor, sebaiknya pilihlah orang yang sudah lebih pengalaman dan lebih dahulu berada didunia bisnis. Tujuannya tentu untuk memberikanmu ilustrasi langkah selanjutnya yang sepatutnya kamu lakukan dalam berbisnis.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Cara jualan online untuk pemula, tepat sasaran dan mudah"

Posting Komentar